[Banjarmasin, 31 Januari 2024]. Lembaga Perencanaan Pengembangan Pendidikan (LP3) Universitas Sari Mulia (UNISM) menyelenggarakan Kegiatan Sharing Session Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) bersama Alumni IISMA, kegiatan ini  dilaksanakan pada Rabu, 31 Januari 2024 secara Luring di Ruang B1 Lt.1 Gedung B.

Kegiatan ini dihadiri oleh Alumni IISMA Yukita Haura Annisa, Ketua Lembaga Perencanaan dan Pengembangan Pendidikan Sismeri Dona, M.Keb beserta Tim, UNISM Foreign Language Academy (UFLA) dan para mahasiswa yang mengikuti Program IISMA Universitas Sari Mulia.

Foto Bersama Sharing Session IISMA Universitas Sari Mulia
(Dokumentasi : Panitia)

Sharing Session ini bertujuan untuk memberikan informasi dan motivasi kepada para mahasiswa untuk mengikuti program IISMA yang dibuka pada tanggal 23 Januari 2024 hingga 14 Februari 2024 melalui laman iisma.kemdikbud.go.id. serta untuk memperluas keikutsertaan dari para mahasiswa supaya pendaftarannya menjadi lebih meningkat di setiap program sudi ada perwakilannya. Oleh karena itu kegiatan ini menjadi sangat penting bagi mahasiswa untuk memberikan gambaran kepada para peserta mahasiswa yang hadir pada pagi hari ini tentang bagaimana kegiatan IISMA tersebut.

Pelaksanaan Kegiatan Sharing Session IISMA
(Dokumentasi : Panitia)

Indonesian International Student Mobility Award atau lebih dikenal dengan sebutan IISMA adalah program beasiswa dari pemerintah Indonesia yang diberikan melalui Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristek) serta Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN). Tujuan utama program beasiswa adalah untuk mendorong kualitas dan meningkatkan kapasitas sumber daya manusia Indonesia. Selain itu, beasiswa ini juga bertujuan untuk mendukung mobilitas para mahasiswa yang berasal dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia ke luar negeri selama satu semester demi mengejar pendidikan tinggi, melakukan penelitian, serta mengembangkan kemampuan dan bakatnya di berbagai bidang studi. Program beasiswa ini ditujukan untuk mahasiswa jenjang sarjana dan vokasi. Beasiswa IISMA sendiri mencakup biaya pendaftaran, biaya pendidikan, asuransi kesehatan, biaya penerbangan, visa, serta biaya hidup selama masa studi. 

Penyampaian Materi oleh Alumni IISMA
(Dokumentasi : Panitia)

Dalam sharing session tersebut juga diisi materi langsung oleh narasumber yang berasal dari ULM, yaitu Yukita Haura Annisa, yakni alumni dari Michigan State University (MSU) Tahun 2022. Pada kesempatan itu Yuki tersebut memberikan pengalaman kepada para peserta mahasiswa yang akan mengikuti program IISMA pada tahun 2024. Serta yuki juga memberikan tips dan trik sebelum dan selama mengikuti program IISMA. Setelah penyampaian materi, dibukalah sesi tanya jawab kepada narasumber. Para mahasiswa sangat antusias bertanya dan mendengar pengalaman yang diberikan oleh alumni IISMA tersebut. Harapannya semoga di tahun 2024 ini jumlah pendaftar IISMA dari UNISM akan semakin meningkat dan jumlah peserta yang lolos juga ikut bertambah.

 

By adm_lp3

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *